خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya)”

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Selamat pagi sobat!

Dihari yang cerah ini saya akan mengulas tentang cara memilih jurusan atau yang sekarang lebih dikenal dengan program studi (prodi).

Cara yang saya tuliskan ini berdasarkan pengalaman saya sewaktu memilih program studi beberapa bulun yang lalu. Dalam pemilihan ini, saya akan membagi menjadi 2 cara. Hal ini saya bedakan karena tergantung pada kalian, apakah memilih sesuai dengan keahlian/minat sobat dan untuk kalian yang mengincar diterima di program bidikmisi.

Memilih jurusan dalam kuliah memang sangat penting agar kelak tidak menyesal karena merasa kurang cocok. Nah, fenomena pindah jurusan/prodi ini lumayan sering terjadi. Tidak perlu lihat kemana-mana, untuk teman seangkatan saya dikampus saja ada beberapa.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya kekurang cocokan dengan prodi yang kalian ambil. Kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara memilih prodi.

Memilih prodi berdasarkan kemampuan
Sebelum memilih prodi, sebaiknya kalian memperhatikan kemampuan sobat itu cenderung kearah mana. Jika kalian mempunyai basic dalam pertanian misalnya, menurut saya akan lebih baik jika sobat memilih jurusan yang berbau pertanian, misalnya TIP, Agroekoteknologi, agribisnis, dan lain-lain.

Kemampuan yang kalian miliki bias dilihat dari lingkungan sobat tinggal dan juga kegiatan apa yang biasa kalian ikuti. Misalkan sobat ada dilingkungan pondok pesantren, biasanya sobat akan paham lebih banyak mengenai ilmu agama. Untuk itu sobat bias memaksimalkan kemampuan sobat dengan memilih jurusan yang berbau agama. Sobat juga akan lebih mudah memahami materi kuliah karena memang sudah ada basic disana.

Kegiatan yang biasa kalian ikuti juga dapat menjadi dasar dalam memilih prodi. Kalian yang suka olahraga bisa memilih prodi olahraga. Yang suka bernyanyi bisa memilih prodi kesenian. Yang suka ikut olimpiade matematika bisa pilih prodi matematika, dan seterusnya.

Tujuan dari pemilihan prodi berdasarkan kemampuan akan menguntungkan. Kalian akan lebih mudah memahami apa-apa yang dipelajari dalam kuliah.

Memilih jurusan bagi kalian yang ingin diterima bidikmisi
Nah, ini yang lagi hangat dibicarakan anak-anak SMA sederajat. Banyak yang ingin diterima di program bidikmisi. Oleh karena itu, memilih jurusan/prodi kuliah sekarang bukan hanya sekedar memilih, melainkan meningkat statusnya menjadi `strategi`.

Yap, harus disadari kalian akan bersaing dengan ratusan ribu pelajar diseluruh Indonesia. Memilih prodi secara asal-asalan akan berdampak pada kesempatan dan peluan kalian untuk bisa diterima di bidikmisi.

Namun jangan khawatir, karena saya akan membagikan tips memilih jurusan bagi kalian yang benar-benar ingin kuliah dengan biaya dari bidikmisi (sing penting iso kuliah).

Ada dua cara yang akan saya paparkan. Untuk itu, silahkan sobat membaca dengan hikmat. Hehehe.. Santai aja sob!

Pertama, memilih prodi yang sedikit peminatnya. Kebanyakan prodi hanya mempunyai peluang 20-80 mahasiswa bidikmisi setiap tahunnya. Sedangkan yang berminat atau yang memilih prodi tersebut bisa ribuan pelajar. Nah, oelh karena itu kalian harus memperhatikan kira-kira prodi apa yang bisa kalian masuki. Berat sekali memang. Hehehe.. namun hapir setiap tahun juga ada universitas yang membuka prodi baru.

Nah, pembukaan prodi baru ini bisa menjadi prioritas sobat agar bisa diterima karena terkadang bisa memuat 100 lebih mahasiswa.

Kedua, memilih prodi yang kalian minati, dengan catatan kalian  mempunyai sertifikat/piagam yang berhubungan dengan prodi tersebut. Jika kalian mengikuti seleksi SNMPTN, cara ini akan sangat bermanfaat. Silahkan sobat ubrek-ubrek lagi lemari sobat untuk mencari sertifikat/piagam yang pernah didapatkan. Setelah itu tinggal kalian pilih prodi mana yang ada hubungannya dengan sertifikat yang kalian punyai. Semakin banyak sertifikat/piagam yang kalian masukkan dan sesuai dengan prodi yang dipilih, insyaallah kesempatan akan diterima akan terbuka lebar.

Oke, kesimpulan dari tulisan saya ini adalah jangan asal-asalan dalam memilih program studi. Pilihlah prodi yang sesuai dengan kemampuan/minat sobat. Agar mudah diterima bidikmisi, kalian perlu memasukkan sertifikat/piagam yang sesuai dengan prodi yang dipilih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Jurusan Kuliah"

Post a Comment

Hai ! Bagaimana, seru kan artikelnya? Jangan lupa untuk menanggapi artikel saya ini ya.. :)