خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya)”

Mini Fun Bike D`Jombang 2016

Liburan semesrter pertama terasa cukup membosankan. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di bumi santri pasca UAS (tanggal 12 Januari 2016) kemarin, praktis hari-hari mendadak sepi.

Padahal biasanya kalau sedang dikampus hamper tidak ada waktu untuk bersantai, dan agenda membagi waktu untuk ini itu menjadi hal yang sangat penting.

Lha, sekarang kog jadi nggak seru gini ya. Dirumah sepi, keluarga juga sibuk kerja, adik-adik pun sekolah juga kan. Akhirnya dalam kondisi yang lagi setengah galau tersebut, muncul lah satu ide untuk nge-trip menjelajahi kota tercinta.

Masalah lain pun timbul, yakni dengan siapa saya akan ngetrip. Semua kan lagi sibuk. Oh ya, teman-temanku. Namun, setelah menghubungi beberapa diantara mereka juga masih sibuk kerja.

Sasaran selanjutnya tentu teman-teman yang juga anak kuliahan. Bulan ini kan lagi libur juga. Dan Alhamdulillah, ada satu teman yang bersedia ikut acara ngetrip yang sudah saya rencanakan.

Agenda ngetrip kali ini, berbeda dari sebelum-sebelumnya. Kalau biasanya memakai kendaraan bermotor, kali ini kami akan `ngontel`. Hehehe.. Dan karena hanya diikuti oleh dua orang saja, maka ngetrip kali ini kami beri tema “Mini Fun Bike D`Jombang 2016”. Mboh lah opo kui! :-D

Hari sudah ditentukan. Kami sudah janjian kumpul di Masjid Ar-Ribath Jogoroto pada pukul 07:30. Hehehe.. Saya mulai bersiap dari rumah sekitar pukul 06:45 dan berangkat menuju tempat pemberangkatan sekitar pukul 07:20.

Sesampainya disana saya hanya perlu menunggu teman saya sebentar. Saya percaya pada teman saya yang satu ini karena dari masa-masa sekolah dulu, ia termasuk anak yang suka tepat waktu.

Kami kemudian istirahat sejenak sambil memperbincangkan rute yang akan dilewati, serta tempat pemberhentian nantinya. Setelah semuanya disepakati, kami pun berangkat. Hmm.. Bismillah

Makam Gus Dur

Tujuan pertama perjalanan fun bike kami adalah Makam Presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid. Kami berangkat melewati jalan sumberbendo, kemudian belok kekiri ke daerah tawar. Setelah itu, kami melewati dusun Bongso.

Di Dusun Bongso mayoritas penduduknya adalah non-muslim (Kristen). Walaupun begitu, didaerah ini juga masih banyak warga muslimnya. Saya dulu pun pernah ngaji di salah satu pondok pesantren di Dusun Bongso. Hehehe..

Keren ya, warga muslim dan Kristen disini bisa akur. Sejak dulu pun tidak ada berita adanya gesekan atau sejenisnya, malahan kalau natal, para banser turut menjaga gereja yang ada di Dusun ini. Subhanallah..

Keluar dari Bongso kami disambut bangunan Pondok Pesantren Urwatul Wustqo dan Universitas Urwatul Wustqo tentunya. Sampai pertigaan, kami kemudian belok ke barat. Dan seterusnya, kemudian belok keutara sedikit sampai dipintu gerbang Pabrik Gula Coekir, kami belok ke barat lagi lewat salah satu sekolah favorit remaja muslimah, yakni MA Muallimat.

Terus kebarat sampai pintu gerbang Universitas Hasyim Asy`ari, kemudian belok keutara dan tidak lama kemudian sampailah kami dipintu gerbang Makam Gus Dur.

Kami mampir sebentar disini. Sebetulnya bukan makam Gus Dur saja yang ada disini, masih banyak alim ulama yang juga dimakamkan disini. Tapi memang yang kebanyakan orang tahu hanya makam Gus Dur, KH. Hasyim Asy`ari, dan KH. Wahid Hasyim.

Setelah mampir di Makam Gus Dur, tak lupa kami foto-foto di area makam dan juga rest area. Rest area kawasan makam Gus Dur ini cukup luas. Disini, kalian juga bisa foto-foto dengan background Monumen At-Tauhid, Taman Bunga, Bangunan Perpustakaan yang keren, dan Monumen Gus Dur. Pemandangan alam disana juga cukup bagus untuk foto-foto.


wisata religi kawasan makam gus dur
Suuut JEE!!

wisata religi kawasan makam gus dur
Cieee malu-malu.. :-D

wisata religi kawasan makam gus dur
Monggo...

makam gus dur
Joss!

Subhanallah..!

Allah

Awas dilihatin penjaga bro!

wisata religi kawasan makam gus dur
Bisa baca nggak tuh..

Selfy dulu

wisata religi kawasan makam gus dur
Santai, sambil lihat orang lewat

Eits, yang belum mandi..


Inilah sang petapa..
wisata religi kawasan makam gus dur
Hmmm. Akhirnyaaa..

Tari gak jelas


Hehehehe...
Kami tunggu kunjungan Anda


Alun-Alun dan Masjid Agung

Puas mengeksplor Kawasan Makam Gus Dur, kami meneruskan funbike menuju alun-alun dan masjid agung jombang.

Untuk menuju kesana, kami mencoba mencari jalan yang agak sepi dan kanan-kirinya masih berupa persawahan. Kami pun memilih lewat daerah keras. Huu.. jalannya lebar banget, muluuus dan nggak banyak yang lewat juga. Mantaap!!

Sekitar setengah jam kemudian kami sampai di Alun-alun Jombang. Kami sedikit kecewa karena corp sircle-nya sudah nggak ada, karena rumput-rumput disana sudah mulai panjang. Yang kami lihat hanya petugas tata kota yang sedang memotong rumput dengan pola-pola tertentu. Mungkin hari Minggu besok sudah selesai ya.

wisata alun-alun jombang masjid agung jombang
Sok nggaya..

wisata alun-alun jombang masjid agung jombang
Heeee..



Kami juga sempat istirahat sejenak di Masjid Agung.

Monumen Pancasila dan Monumen Pendidikan


Sebelum mengakhiri Mini Fun Bike D`Jombang 2016 ini, kami menyempatkan untuk berkeliling dipusatnya kota Jombang. Jarang sekali saya melewati jalan-jalan disini, mungkin dalam setahun hanya sekali, yakni kalau ada festival Drum Band atau kalau nggak ya pas ada karnaval menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Minder rasanya kalau melewati daerah ini. Wkwkwkw.. kelihatan ndeso-nya. Soalnya di daerah ini adalah tempat sekolah-sekolah elit dan favorit di Kabupaten Jombang, sebut saja SMKN 1 Jombang, SMAN 3 Jombang, MAN 1 Jombang, dan beberapa lainnya. Aduuuh.. Minder banget pokoknya. Hahaha.. ancene arek ndeso!

Didaerah ini tata ruangnya bagus banget. Dari timur, tidak terlalu lama bersepeda kami sudah disambut oleh monument Pancasila dengan patung Garudanya yang begitu gagah. Lanjut terus, tidak jauh dari Monumen Pancasila, juga terdapat Monumen Pendidikan. Di monumen tersebut terpahat wajah Ki Hajar Dewantara.

Sayangnya, kami tidak dapat mengabadikan kedua monumen tersebut karena alasan teknis. Hehehe…


Itulah perjalanan “Mini Fun Bike D`Jombang 2016” kami. Semoga dilain waktu (mungkin pas liburan semester genap nanti), banyak yang ikut ya, biar lebih rame. Kalau rame kan semakin seru. Kalian juga boleh ikut lho..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mini Fun Bike D`Jombang 2016"

Post a Comment

Hai ! Bagaimana, seru kan artikelnya? Jangan lupa untuk menanggapi artikel saya ini ya.. :)